Benjolan Di Leher Sebelah Kanan Terasa Sakit

Timbulnya benjolan di leher sebelah kanan bisa jadi tanda penyakit serius, untuk itu jangan pernah abaikan, namun tidak semua benjolan di leher tanda serius utamanya jika teras sakit ada kondisi medis lain yang bisa menyebabkan kondisi tersebut, apa saja penyebabnya ? berikut kami berikan informasinya untuk anda !

Benjolan Di Leher Sebelah Kanan

Secara umum timbulnya benjolan di leher sebelah kanan disebabkan oleh penyakit kelenjar getah bening yakni kodisi dimana kelenjar getah bening mengalami pembengkakan.

Kelenjar getah bening termasuk kedalam sistem pertahan tubuh yang memiliki peranan penting sehingga apabila terjadi gangguan dalam tubuh seperti karena infeksi bakteri, virus, jamur dan inflamasi, kelenjar getah adalah bagian tubuh yang pertama kali memberikan tanda yakni berupa timbulnya benjolan sebagai akibat dari kelenjar getah bening mengalami pembengkakan.

Beberapa contoh infeksi yang bisa menyebabkan kelenjar getah bening membengkak adalah infeksi telinga, infeksi sinus, tonsillitis, infeksi rongga mulut, TB kelenjar, dan infeksi bakteri pada kulit kepala.

Namun adanya kalanya pembengkakan kelenjar getah bening akibat dari adanya penyakit serius seperti limfoma, kanker kelenjar getah bening, kanker nasofaring, atau penyebaran sel kanker dari organ primer yang melewati aliran getah bening di leher.

Untuk itu sangat penting bagi kita untuk bisa mengenali mana pembengkakan kelenjar getah bening biasa dan mana pembengkakan kelenjar getah bening yang berbahaya. ( Baca : Ciri Kelenjar Getah Bening Berbahaya )

Penyebab Munculnya Benjolan di Leher Sebelah Kanan

Selain karena terjadinya pembengkakan kelenjar getah bening, ada beberapa kondisi lain yang bisa menyebabkan timbulnya benjolan di leher sebelah kanan, mengingat ada banyak jaringan, otot dan organ lain yang ada disekitar leher yang bisa menjadi pemicu tumbuhnya benjolan di leher. Contohnya adalah kelenjar tiroid, paratiroid, saraf laring, dan pembuluh darah.

Benjolan pun tidak hanya terpaku di sebelah kanan saja, namun ada kalanya benjolan di leher sebelah kiri hingga bagian tengah leher.

Berikut ini adalah beberapa kondisi yang bisa menyebabkan timbulnya benjolan di leher sebelah kanan, yakni :

1). Infeksi

Berbagai infeksi yang terjadi bisa menjadi penyebab timbulnya benjolan di leher sebelah kanan, namun yang paling sering menyebabkan kondisi tersebut adalah TB kelenjar, sifilis, radang tenggorokan, campak, HIV, herpes, cacar air dan gondongan.

2). Gondok

Gondok adalah kondisi dimana membesarnya kelenjar tiroid yang terletak tepat di leher bagian tengah, namun ada kalanya benjolan muncul di leher sebelah kanan.

Selain timbulnya benjolan di leher sebelah kanan, gondok juga bisa menyebabkan penderitanya mengalami jantung berdebar, gelisah, tidak tahan dengan suhu dingin atau panas hingga mengalami penurunan berat badan.

3). Tumor Parafaring atau Abses Parafaring

Tumor Parafaring adalah kondisi dimana adanya perkembangan sel abnormal di ruang sekitar tenggorokan sehingga jika seseorang terkena penyakit ini maka bisanya akan menimbulkan benjolan di leher kanan.

Selain itu penderita juga bisa mengalami nyeri disekitar tenggorokan, kesulitan makan, bicara, hingga bernapas yang mana kondisi tersebiut bisa berakibat fatal.

4). Kanker Tenggorokan

Selain tumor, kanker juga bisa menyebabkan benjolan di leher kanan muncul yang diikuti dengan beberapa gejala lainnya seperti : yeri tenggorokan menetap, nyeri atau kesulitan menelan, perubahan suara, nyeri di telinga, terasa mengganjal di tenggorokan atau leher serta penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas.

5). Limfoma

Limfoma adalah kanker pada sistem limfatik atau sistem kekebana tubuh atau yang lebih dikenal dengan kanker kelenjar getah bening.

Gejala atau ciri khusus dari penyakit ini adalah membengkaknya kelenjar getah bening dibagian tubuh manapun dan yang paling sering adalah pada leher.

6). Kista
7). Peradangan atau adanya pertumbuhan jaringan parut
8). Penyakit Autoimun ( misal : rematik dan lupus )
9). Sindrom kelelahan kronis
10). Efek samping obat tertentu

Mengingat ada banyak hal yang bisa menyebabkan timbulnya benjolan di leher sebelah kanan, maka untuk mendapatkan kepastian tentang penyebabnya anda disarakan untuk melakukan pemeriksaan secara medis yang meliputi : pemeriksaan darah lengkap, foto Rontgen dada dan sinus, USG leher, dan CT-scan atau MRI serta biopsi pada benjolan.

Dengan begitu maka kita bisa mengantisipasi hal terburuk karena benjolan di leher tersebut mengingat timbulnya benjolan di leher juga bisa menjadi penanda dari timbulnya penyakit serius yang berbahaya jika tidak segera ditangai dan diatasi.

Demikianlah informasi singkat tentang penyebab benjolan di leher sebelah kanan yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda. Jangan lupa bagikan jika anda rasa artikel sederhana ini bemanfaat !!!

sumber materi :
http://www.alodokter.com/benjolan-di-leher-sebelah-kanan-ini-penyebabnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *